Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘event…’ Category

Biennale Jogja adalah event dua tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 1988 dan kini telah menjadi event seni rupa yang cukup bergengsi dan menjadi acuan dalam perkembangan seni rupa di Indonesia. Pada event kali ini tema yang diambil adalah “Religiusitas, Spiritualitas dan Kepercayaan” terutama yang terjadi di India dan Indonesia.

Biennale Jogja XI ini berlangsung pada tanggal 26 November 2011 sampai dengan 8 Januari 2012. Pameran hasil karya dari 25 seniman Indonesia dan 15 seniman India ditata dengan sangat menarik di Jogja National Museum dan juga di Taman Budaya Yogyakarta.

Read Full Post »

this is it….the legend of kendang tunggal dari Jogja, mBah Sujud. Kalo ngaku bener2 orang Jogja…harusnya tau dengan sosok “Penarik Pajak Rumah Tangga ini”. Walaupun sudah tidak muda lagi dan baru saja menjalani proses penyembuhan bagi penglihatannya yang mulai rabun, mBah Sujud tetap aktif berkesenian….salah satunya dalam rangka menyambut Jogja International Street Performance

Read Full Post »

Img_7451

Hahaha…bener2 niat ni yang bikin acara Art|Jog|11, sampe2 halaman Taman Budaya Yogyakarta (TBY) digali kurang lebih 1,5 meter buat naruh kepala bayi raksasa yang terbuat dari tanah liat. Exhibition Hall TBY pun dirubah beberapa bagiannya menggunakan semacam partisi yang terbuat dari gypsum sehingga membentuk alur ruang pameran yang berbeda dari biasanya. Memang sudah jadi kebiasaan Art|Jog untuk memberikan kesempatan bagi salah satu commission artist-nya untuk membuat karya site specific dengan menyulap penampilan gedung Taman Budaya Yogyakarta. Tahun ini Eddi Prabandono yang dipercaya untuk menggarap karya besar itu. Selain Eddi, commission works lainnya, karya Krisna Murti juga hadir di dalam ruang pamer ART|JOG|11. 

Img_7437

Acara ini dibuka oleh salah satu patron Art Fair internasional yakni Lorenzo Rudolf (mantan direktur Art Basel; inisiator Art Basel Miami; mantan direktur ShContemporary – Shanghai dan Art Stage – Singapura). Art|Jog|11 berlangsung mulai tanggal 16 Juli hingga 29 Juli 2011. Sebanyak 3500 karya dari 1770 seniman diseleksi guna mengikuti pameran ini hingga akhirnya terpilih 241 karya dari 165 seniman yang dipamerkan. Berikut ini beberapa karya yang cukup menarik perhatian menurut saya pribadi, hehehe…

Read Full Post »

Tema YGF kali ini adalah “therapy for life“, hal ini memiliki makna bahwa gamelan merupakan sarana yang dapat membantu manusia untuk memperbaiki hidup dan juga menuntun manusia untuk kembali ke kehidupan yang harmonis. Gamelan tidak hanya dipandang sebagai sebuah alat musik, melainkan memiliki filosofi yang mengedepankan harmonisasi dan nilai2 kemanusiaan mengenai kebersamaan, kesabaran, dan juga sopan santun.

Acara yang dikemas dengan sangat baik ini, dari tahun ke tahun selalu menyedot pengunjuk yang cukup banyak. Selain format pertunjukan yang dilakukan dalam concert hall, faktor bebas biaya masuk alias 100% free sungguh membuat acara ini istimewa. Hal ini terbukti dari penuhnya pengunjung selama 3 hari YGF 2011 ini. Berikut ini liputan ringkas dari 16th YGF 2011 plus foto tiap2 performer-nya…

Hari Pertama – Kamis, 7 Juli 2011

Read Full Post »

Ini nih yg ditunggu2 di bulan Oktober….yupz tidak laen tidak bukan adalah perayaan HUT Kota Yogyakarta yg taon ini memasuki usianya yg ke-253. Sebenernya ada banyak rangkaian acara dalam rangka HUT Kota Jogja ini, tapi yang paling menarik perhatian ya Pawai Budaya dan the 2nd Nite Carnival di Jogja yaitu Jogja Java Carnival 2009. Maaph kalo blog ini rada berat dibuka, isinya full of photo sih……

Pawai Budaya

_MG_5918

Pawai budaya ini diselenggarakan tanggal 7 Oktober 2009, dari jam 2 siang sampai selesai. Rute nya dari Balaikota sampai ke Alun2 Utara Keraton Jogja. Berbagai macam elemen yang mewarnai kehidupan di Kota Jogja turut dalam acara ini, mulai dari para pelajar, para pegawai, penduduk yg bertempat tinggal di pinggir kali atau yg sering disebut komunitas Girli, para Paskibraka Kota Jogja, prajurit Kraton, petugas kebersihan,  petugas pemadam kebakaran, dan juga para TNI yang lengkap dengan kendaraan tempurnya. (more…)

Read Full Post »

nge-jepret lumpur….


little-crosser1

Minggu pagi enaknya males2an, mumpung libur maksudnya. Eee…ee…tau2 ada telpon buat bapakQ dari Om Tri. Ternyata ngasi tau kalo di selatan rumahQ (di bekas kampus STIEKERS yang ancur gara2 gempa) lagi ada offroad. Langsung deh insting ‘jepret’ mode ON.

Sampe disana ternyata race yang buat kelas 65cc dah mo mulai. Rider-nya masih anak2 kecil, aQ nyebutnya ‘little crosser’. Keren juga tu anak2 kecil, ngebut di lumpur Bro… Gaya nya ok, walopun kadang kalo jatuh masih nangis ato ga’ bisa bangun gara2 ga’ kuat ngangkat motornya. Habis tu baru giliran yang senior2 dengan motor 125cc nya.

Tepat jam 11 siang, gantian mobil2 gedhe yang unjuk kekuatan. Offroader2 dari Jogja dan sekitarnya mulai ngebut di atas kubangan lumpur. Ni moment asik banget buat dijepret. Cuma sayangnya aQ ga bawa lensa tele gara2 lagi dipinjem. Motret balapan pake lensa ‘wide’ emang horor banget, lha…harus ngedeket banget je… Untungnya sinar matahari cukup menerangi walopun rada mendung juga, so…bisa pake mode Tv alias mainan shutter speed lagi. Sekedar saran, event kaya’ gini paling enak pake lensa tele (yang ada image stabilizer-nya), memori yang gedhe, pake burst alias continous shooting biar ‘never miss a shot’…

Mo liat hasil jepretanQ, ni dia…

(more…)

Read Full Post »

Pisowanan Agung

Awal denger mau ada Gelar Budaya & Pisowanan Agung di Alun2 Utara Kraton Jogja tanggal 28 Oktober 2008, langsung mikir…”Ayo hunting…!” Yang kebayang dipikiran pertama tu bakal ada atraksi2 budaya gitu ama pisowanan warga Jogja ke Kraton. Menjelang hari H, baca di koran bahwa diagendakan kalo Sultan bakalan ngasih keputusan mau maju jadi Capres atau enggak ‘n 47 Raja dari seluruh Indonesia bakal hadir juga, weitz….ada apa ini?

(more…)

Read Full Post »

Older Posts »